Dekan Fisip Unsa Makassar Akan Jadi Nara Sumber Pelatihan Jurnalistik di STISIP Muhammadiyah Sinjai

SINJAI – Sejak Agustus 2018 kampus telah memiliki lembaga baru diberi nama Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI).

Salah satu program kerja akan segera direalisasikan 8 Desember 2018 adalah menggelar pelatihan jurnalistik media cetak dan online bagi mahasiswa dan dosen.

Demikian ditegaskan Ketua LPPI STISIP Muhammadiyah Sinjai, Dr. Hermansyah, S.Sos M.I.Kom kepada media Selasa (27/11/2018).

Dijelaskan pelatihan ini mengusung tema, Jurnalistik Online di Era Revoslusi Industri 4.0, bertempat di kampus Jl. Jl. Teuku Umar Sinjai, tegas doktor admistrasi publik PPs-Unhas ini.

Tampil selaku nara sumber sesuai rencana adalah praktisi pada media cetak dan online. Pertama, Dr.Muhammad Yahya Mustafa, M.Si dengan materi, Jurnalistik Online di Era Revolusi Industri 4.0, kata mantan wartawan di Harian Fajar, SKU Mapres dan SKU Intim ini.

Nara sumber ini alumni SMAN 277 Sinjai angkatan 1984, puluhan tahun jadi wartawan politik di Harian Pedoman Rakyat dan kini Dekan Fisip Universitas Sawerigading Makassar.

Selain itu juga staf humas LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Redaktur Pelaksana Majalah CERDAS LLDIKTI IX, tandas mantan Anggota DPRD Sinjai dari Fraksi Partai Golkar Pemilu 1999 ini.

Nara sumber kedua, Zaenal Abidin, S.Sos, sehari-hari Pemimpin Redaksi media online. Sinjai Info membawakan materi, Pengelolaan dan Penulisan Berita Online.

Serta nara sumber ketiga, Dr. Hermansyah , S.Sos, M.I.Kom dengan materi, Tehnik Penulisan Berita, Wawancara dan Manajemen Media.

Pelatihan ini bertujuan memberi pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa agar mampu menulis dan membuat berita, tandas mantan Ketua BPM Fisip Unhas 1991-1992 ini.

Sebaliknya bagi para dosen, pengetahuan dan keterampilan membuat berita itu kelak akan mampu menulis kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi tentang dirinya dan lembaga perguruan tinggi tempat mengabdi.

Saat ini yang jadi Ketua BPH STISIP Muhammadiyah Sinjai, adalah Dr. H. Andi Djamaluddin Ramli, M.Si.

Petta Jamal panggilan akrabnya ini, termasuk satu-satunya Dosen Dipekerjakan LLDIKTI IX Sulawesi di kampus.

Sebelum beralih jadi dosen, kurun waktu panjang berkarier selaku birokrat di Sinjai dan pernah jadi Camat Sinjai Timur Kab Sinjai, ungkap mantan Sekretaris Umum Perssin Sinjai 1999-2003 ini. 

Ketua STISIP Muhammadiyah Sinjai, Dr. Umar Congge, S.Sos, M.Si. Doktor 
Administrasi Publik PPs-UNM ini juga pernah jadi anggota DPRD Sinjai.

STISIP Muhammadiyah Sinjai membina  dua program studi yakni S1 Ilmu Administrasi Negara dan S1 Ilmu Pemerintahan, kata mantan Sekjen DPP HIPPMAS 1990-1993 ini.  (ma’ruf)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of