Unsa Hadiri Pameran Kebudayaan Museum Kota Makassar Tahun 2019

MAKASSAR – Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar mengikuti acara pembukaan “Pameran Temporer Pesona Wastra Lipa’ Sabbe” yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kota Makassar di Museum Kota Makassar, Jum’at (27/09/2019).

Dibawah kepemimpinan Rektor Unsa Prof. Dr. Andi Melantik Rompegading, S.H., M.H. mengutus Nurjayanti Kaharuddin, S. Pd., M. Pd selaku Dekan FKIP Unsa beserta 10 Mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Acara ini berlangsung selama 6 hari yakni 27 – 02 Oktober 2019 yang dihiasi dengan persembahan tari, teater dan musik indie yang yang akan dibawahkan oleh berbagai sekolah yang ada di Makassar.

Kepala Museum Kota Makassar Hj. Nurul Chamisany, Kepada Media Mengatakan Persiapan selama ini sudah berjalan 3 bulan lamanya, kami mengikut sertakan kurator yang mengkurasi atau menghandle Museum agar kegiatan ini berjalan dengan baik.

Mengundang seniman-seniman yang memang fokus kepada wastra. Kurator memberikan 7 corak sarung sutra (Lipa’ Sabbe) yang memiliki makna tersendiri, coraknya tidak sembarang digunakan bahkan ada corak tertentu yang dipakai oleh para bangsawan, maupun saat berduka, Lanjutnya.

Nunu sapaan akrabnya menyampaikan, dimuseum kami mencari hal yang hampir punah namun dapat dilestarikan kembali, jadi kami berpikir bahwa ternyata lipa sakbe yang dahulu kala adalah warisan nenek moyang, sekarang tidak diingat lagi oleh generasi muda, baik dari corak apalagi motifnya.

“Saya ingin mensosialisasikan dan memperkenalkan kembali Lipa’ Sabbe yang merupakan salah satu warisan budaya sulawesi selatan, sehingga masyarakat berbondong-bondong datang menyaksikan pameran ini”, Ujarnya.

“Saya berharap generasi muda punya kepedulian untuk datang ke musium, melihat kegiatan apa saja yg dilakukan karena museum adalah salah satu tempat belajar dan sumber informasi terkhusus dibidang kebudayaannya”, tutupnya. (Fauziah)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of