Pembekalan KKN Angkatan XXII 2019 Unsa Makassar Terlaksana, Berikut Uraiannya

Makasssr – Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar mengadakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XXII di Aula Kampus Unsa sebagai bagian dari persiapan akreditasi institusi, Sabtu (12/10/2019).

Dari laporan Ketua Panitia Ahmad Syaekhu, S.Pd., M.Si., menjelaskan peserta KKN saat ini berjumlah 105 orang, adapun rencana lokasi kegiatan kkn yakni MK (Mahkamah Konstitusi),

KKN profesi yang ditempatkan di instansi- Instansi yang sudah bekerja sma dengan Unsa, KKN di luar daerah (Reguler) dan KKN di kampus, sambungnya.

Materi yang disampaikan ada saat pembekalan terdiri dari pertama tinjauan akademik KKN, kedua etika pelaksanaan dan yang ketiga sistematik pelaporan KKN, Tandas salah satu dosen fisip Unsa ini.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Unsa Prof. Dr. Andi Melantik Rompegading, SH MH., dalam sambutannya menyampaikan KKN tahun ini kurang lebih sama dengan yang sebelumnya.

Karena lokasi yang dipilih untuk melakukan KKN yakni di MK, Pengadilan Negeri, KPPU, Polrestabes, BNN, Badan Pertanahan, kalau di daerah yaitu Takalar dan terakhir Kampus. Tempatnya sudah sangat bervariasi, Ujarnya.

“Tapi sayangnya, belum ada Mahasiswa yang ingin KKN diluar negeri, sementara kita sudah melakukan kerjasama bahkan sudah berjalan beberapa tahun seperti di Jepang, Thailand, Filipina dan Malaysia, tinggal aplikasi dari tindak lanjut kerjasama itu”, Ungkapnya.

Sering disapa Prof Melantik ini menambahkan tujuan ber-kkn bagi Mahasiswa yakni untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh secara teoritis dikampus kemudian diterapkan di lokasi tempat mereka KKN.

Selain itu, Mahasiswa harus melihat kondisi di masyarakat, belajar untuk mengkristalkan permasalahan-permasalahan yang ada ditempat KKN, kemudian dianalisa, lalu dicarikan solusi berdasarkan pemahaman yang telah didapat selama proses perkuliahan, Lanjutnya.

KKN ini adalah sebagai bentuk pengabdian kita semua kepada masyarakat yang merupakan tridarma perguruan tinggi, bukan hanya sekedar belajar dan mengajar mengajar mahasiswa juga melakukan penelitian yang dapat bermanfaat bagi semua Mahasiswa KKN, Katanya.

” Semoga anak-anaku semua dapat melaksanakan kkn secara maksimal dimana dibimbing oleh dosen yang sudah paham dibidangnya, termasuk ketua panitia dan sekretaris. Diberi kemudahan kelancaran dan kesuksesan agar pelaksanaa KKN berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan”, Tutupnya.

Turut hadir Wakil Rektor I, Dra. Hj Mardiani M.Hum., wakil rektor III Dr. Amran Syahruddin, SH., M.Hum., MM., Sekretaris Panitia Asbullah Thamrin, SH., MH, dan Para Dosen Pembimbing KKN. (Fauziah)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of