Lolos Seleksi Magang, Dosen Unsa Jadi Peserta Program Kemenristekdikti

Laporan : Sitti Fauziah. M
Mahasiswa Universitas Sawerigading Makassar

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar dibawah Pimpinan Rektor Unsa Prof. Dr. A.Melantik Rompegading, S.H., M.H. mengikuti Pembekalan dan Keberangkatan Peserta Program Magang Dosen Tahun 2019 d Di Hotel Aston Imperial Bekasi, 5-6 Agustus 2019.

Kegiatan ini berada dalam pengawasan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang di Pimpin langsung oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A (Direktur Karir dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dikti).

Ditemui Media, Shinta Nurhidayati Salam S.H., M.H. selaku Peserta Magang Dosen 2019 menjelaskan, program magang ini adalah suatu program nasional untuk meningkatkan kemampuan seorang tenaga akademik dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, ucapnya.

Ada 60 Peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah lolos seleksi Program Magang Dosen di tahun ini, proses magang dilakukan selama 3 bulan di perguruan tinggi yang telah ditetapkan, ungkap salah satu Dosen Fakultas Hukum Unsa.

” Terdapat 4 pembina yang akan mengarahkan kami, Kemudian dibagi menjadi 4 tim yang terdapat 15 peserta dalam satu tim didalamnya Dan akan disebar di 4 perguruan tinggi yaitu UNPAD, UGM, UPI dan ITB.”, ujarnya.

“Saya sendiri ditempatkan di Universitas Padjajaran (UNPAD), di Ptn Pembina dengan maksud memperluas wawasan dosen muda mengenai kewajiban sebagai dosen seperti tridarma perguruan tinggi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.”, sambungnya.

Shinta, sapaan akrabnya mengemukakan tujuan kegiatan ini yaitu memberi pengetahuan kepada dosen muda untuk memahami secara langsung manajemen perguruan tinggi dan membuka peluang untuk melanjutkan studi ke jenjang yg lebih tinggi (Doktoral/S3).

Dirinya juga menyampaikan agar Meningkatkan kualitas perguruan tinggi pengirim, Memberikan kesempatan untuk menjalin networking dengan dosen senior di Perguruan Tinggi Pembina, tandasnya.

“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi kemajuan Unsa ke arah yg lebih baik,meningkatnya kualitas pendidikan, sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, dimana Dosen menjadi figur sentral dalam perkembangan perguruan tinggi.”, Harap Shinta.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of